Bangun dan Sadar

Gimana hidupmu di tahun 2017 lalu? Sangat melelahkan pikiranmu? Kalau tubuh yang lelah, kemungkinan besar kita tahu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Nah kalau pikiran yang lelah, gimana cara mengistirahatkannya ya? Padahal pikiran yang lelah akan menganggu kesehatan tubuh, dan membuat kita enggak bahagia.

Sebatas yang saya pelajari selama ini, izinkan saya berbagi salah satu tips buat mengistirahatkan pikiran yang bernama: Bangun dan Sadar.

Luangkan waktu sejenak buat benar-benar menyadari apapun yang sedang kamu alami sekarang, di sini-kini. Maksudnya gimana?
Begini sederhananya … Di satu kesempatan, pelan-pelan lakukan ini. Tapi enggak harus langsung semuanya sekaligus:
• Kalau sekarang kamu lagi pegang hpmu … rasakan berat dan teksturnya. Benar-benar sadari, tanganmu lagi pegang hp.
• Sadari setiap anggota tubuhmu. Telapak kakimu menyentuh lantai. Kalau lagi duduk, pantatmu berada di kursi. Sadari apa yang sedang dirasakan di sekitar kepalamu, bahumu, lenganmu, tanganmu, dan bagian tubuh lainnya.
• Sadari setiap tarikan dan embusan napasmu. Rasakan pelan-pelan gerakan napasmu di sekujur tubuhmu. Ketika menarik napas, sadari … bagian tubuh mana yang terasa? Ketika menghembuskan napas, sadari … bagian tubuh mana yang terasa?
• Sadari pula lingkungan di sekitarmu. Keadaan di sekitarmu, benda-benda dan orang-orang yang berada di kiri-kananmu. Suara yang kamu dengar dan warna yang kamu lihat.
• Dan sadari apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan sekarang. Apakah ada bagian tubuhmu yang terasa enggak nyaman?
Apapun yang sedang kamu pikirkan dan rasakan … kamu enggak perlu berusaha mengubahnya atau mengendalikannya ya. Hanya sadari saja, hanya amati saja.
• Luangkan waktu sejenak untuk jadi pengamat … Luangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan pikiran, dan hanya ikhlas menerima apapun yang sedang kamu alami sekarang, di sini-kini. Ikhlas menerima pikiran, perasaan, sensasi badan, keadaan, dan kenyataan.

Itu pula sekilas yang saya bagikan di sesi hening bareng saya: “Mengistirahatkan Pikiran di Sini-Kini” di Selaras Guest House & Restaurant – Bandung, beberapa waktu lalu. Silakan tonton video berikut ini.
Dan selamat berlatih mengistirahatkan pikiran 🙏

Temanmu seperjalanan dalam hening …
– Adjie Santosoputro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *