Bawah Belum Tentu Bawah, Atas Belum Tentu Atas

Pernah gak sih kamu merasa hidup ini nyebelin banget? Mungkin karena enggak punya uang, banyak hutang, karir kerjaan yang mentok di situ-situ aja, sering gagal, sakit enggak sembuh-sembuh, punya pasangan yang rajin bikin marah, atau sekian lama enggak ketemu sama jodoh? Kamu merasa hidupmu baru ada di “bawah”?

Terus biasanya, apa yang kamu lakukan? Menenangkan hati dengan ungkapan: Hidup ini seperti roda. Adakalanya di atas, adakalanya di bawah? Emang bener gitu ungkapan itu? Bukannya ada yang di atas, di atas terus, dan ada yang di bawah, di bawah terus?

Kalau saya lagi merasa hidup saya baru ada di “bawah”, saya hening sejenak … Terus ngapain? Saya menyadari perasaan itu, lalu bertanya ke diri sendiri: Emang bener, kalau keinginan saya enggak terwujud itu berarti hidup saya baru ada di “bawah”?
Begitu pun sebaliknya. Kalau pas banyak keinginan saya yang terwujud, riang gembira … saya hening sejenak, lalu bertanya ke diri sendiri: Emang bener dengan mengalami ini berarti hidup saya baru ada di “atas”?

Buat saya, selama kita hidup di bumi, dan saya percaya bumi ini bulat serta berotasi … Ketika saya merasa hidup saya berada di “bawah” itu belum pasti berada di bawah. Bisa saja malahan saya lagi berada di atas. Dan ketika saya merasa hidup saya berada di “atas” itu belum pasti berada di atas. Karena bumi ini bulat dan berotasi, bisa saja malahan saya lagi berada di bawah ‘kan?

Kamu merasa hidupmu baru ada di “bawah”? Atau kamu merasa hidupmu sekarang berada di “atas”? Ingatlah, bumi tempat kita berpijak ini bulat dan berotasi.

Eh sebentar, kamu percaya bumi ini bulat atau datar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *